Kamis, 06 Juni 2013

Air

A.Pengertian Air
Air adalah zat cair yang ada di permukaan bumi,air merupakan zat cair yang paling banyak jumlahnya di bumi,hampir 2/3 dari seluruh permukaan bumi ditutupi atau di kelilingi air.

B.Sifat-sifat air
  • air menempati ruang
Air mempunyai sifat menempati ruang,contohnya air yang dituangkan pada gelas maka air itu akan menempati ruang dalam gelas, begitu juga air yang dituangkan kedalam botol maka air akan menempati ruangan dari botol. 
  • air mempunyai berat
Air memiliki berat. contohnya apabila sebuah ember yang kosong diisi air hingga penuh maka, apabila ember tersebut diangkat akan terasa berat.
  • permukaan air yang tenang selalu datar
Air tenang memiliki sifat permukaannya selalu datar,contohnya air didalam gentong,gelas atau benda yang lain apabila diamati permukaan permukaan air itu selalu datar.
sifat air tersebut digunakan oleh para tukang bangunan sebagai dasar pengukuran pemasangan ubin atau tembok batu bata supaya tidak miring.
  • air mengalir ke tempat yang lebih rendah
air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.contohnya air sungai,air sungai mengalir dari pegunungan atau mata air di tempat yang tinggi kr tempat yang rendah.
  • air melarutkan beberapa zat
Air dapat melarutkan beberapa zat seperti gula,garam,dll
  • air menekan kesegala arah
air memiliki sifat menekan kesegala arah.contohnya apabila kantong plastik diisi air lalu kantong tersebut ditusuk degan jarummaka air akan keluar.keluarnya air itu karena air memiliki sifat menekan kesegala arah.
  • air meresap melalui celah kecil
air memiliki sifat meresap kecelah-celah kecil.contohnya air hujan yang turun dari langit ke permukaan tanah akan menggenangi permukaan tanah tersebut tetapi lama kelamaan air tersebut akan habis karena air tersebut meresap melalui celah-celah kecil tanah.
  • air dapat berubah wujud
air dapat berubah wujud,contohnya dalam pembuatan es batu. 


itulah yang bisa saya jelaskan.semoga bermanfaat...... 
terima kasi...






2 komentar: